Super User

Super User

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
MASJID AR RAFIQ, Jl. Bolu No.1, Letta, Kec. Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Foto Istimewa.
 
TOKCERNEWS.COM, JAKARTA - Setiap manusia pasti pernah mengalami kesalahan. Namun sebaik-baik orang yang  melakukan kesalahan adalah mereka yang memperbaiki kesalahan dan berkomitmen bertaubat.
 
Allah SWT sangat mencintai hamba-Nya yang bertaubat. Sebagaimana dalam Surat An Nur ayat 31, ۚ… وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ “Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.”
 
Dalam bertaubat ada 11 amalan yang dapat menghapus dosa, di antaranya,
 
1. Sholat Tepat Waktu, Berbuat Baik kepada Orang Tua dan Jihad fi sabilillah
 
قالت السيدة عائشة -رضي الله عنها- سَأَلْتُ النبيَّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ: «أيُّ العَمَلِ أحَبُّ إلى اللَّهِ؟ قالَ: الصَّلاةُ علَى وقْتِها، قالَ: ثُمَّ أيٌّ؟ قالَ: ثُمَّ برُّ الوالِدَيْنِ، قالَ: ثُمَّ أيٌّ؟ قالَ: الجِهادُ في سَبيلِ اللَّهِ، قالَ: حدَّثَني بهِنَّ، ولَوِ اسْتَزَدْتُهُ لَزادَنِي
 
Aisyah RA, berkata, “Aku bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang amalan apakah  yang paling disukai oleh Allah? Beliau menjawab, “Shalat pada waktunya.” Kemudian apa? Beliau menjawab, “Berbuat baik kepada kedua orangtua.” Kemudian apa? Beliau menjawab, “Jihad fi sabilillah.”
 
2. Memohon ampunan kepada Allah SWT
 
Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Nuh ayat 10.
 
فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا “..Maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Mahapengampun.”
 
3. Sedekah kepada yang membutuhkan
 
Sedekah itu memadamkan murka Allah dan menghapus dosa, dan sedekah memiliki keutamaan antara lain pelindung dari api pada Hari Kiamat, mendapat naungan pada Hari Kebangkitan, sebagaimana dia adanya.
 
Salah satu dari tujuh orang yang dinaungi Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, dan sedekah adalah obat penyakit fisik, dan obat penyakit jantung, para malaikat pemberi sedekah berdoa kepadanya setiap hari.
 
4. Melakukan Puasa
 
Puasa adalah penghapus dosa, dan hanya Allah yang mengetahui pahalanya. Puasa juga  bertujuan untuk memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik dan dekat dengan Allah SWT.
 
Selain itu puasa adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.  Dalam melatih orang agar bisa menjalin empati dan solidaritas dengan sesama umat Muslim.
 
5. Melakukan Toleransi dan Ampunan
 
Hal ini karena toleransi dan ampunan termasuk penghapus dosa dan bukti takwa.  Dalam Islam, Allah SWT dikenal sebagai Maha Pengampun dan Maha Penyayang, dan umat Muslim diajarkan untuk senantiasa memohon ampunan-Nya serta menunjukkan toleransi dan ampunan kepada sesama makhluk-Nya.
 
6. Melakukan Haji
Berhaji dapat menghapus dosa dan haji itu pahalanya seperti kembali darinya saat ibunya melahirkannya. Dalam agama Islam, ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim yang mampu secara finansial dan fisik untuk menunaikan ibadah tersebut. Ibadah haji memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah sebagai penghapus dosa.
 
7. Membantu orang yang lemah
 
Membantu orang yang lemah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dan dianggap sebagai penghapus dosa. Hal ini terkait dengan ajaran Islam yang memerintahkan umatnya untuk selalu berbuat baik dan membantu sesama.
 
8. Memenuhi amanah, kebenaran ucapan, dan pergaulan yang baik, yang dicintai Allah.
 
Memenuhi amanah, kebenaran ucapan, dan pergaulan yang baik merupakan perilaku yang sangat dianjurkan dan dianggap sebagai penghapus dosa. Hal ini terkait dengan ajaran Islam yang mendorong umatnya untuk selalu berbuat jujur dan memiliki akhlak yang baik dalam segala aspek kehidupan.
 
9. Berdzikir, dengan tasbih, tahmid, dan tahlil.
 
Berdzikir dengan tasbih, tahmid, dan tahlil merupakan amalan yang sangat dianjurkan dan dianggap sebagai penghapus dosa. Berdzikir merupakan tindakan mengingat Allah SWT dengan menyebutkan nama-Nya atau membaca kalimat-kalimat tertentu, seperti tasbih, tahmid, dan tahlil.
 
10. Berperilaku baik
 
Berperilaku baik merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dan dianggap sebagai penghapus dosa. Berperilaku baik mencakup segala aspek kehidupan, baik dalam hubungan dengan Allah SWT maupun dalam hubungan dengan sesama manusia.
 
11. Menyayangi saudaranya dengan tulus
 
Menyayangi saudara dengan tulus merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dan dianggap sebagai penghapus dosa. Dalam Islam, saudara bukan hanya sebatas keluarga, tetapi juga termasuk sesama umat Muslim.
 
 
 
Sumber: bsimaslahat.org/blog
 
 
 
 
 
 
TOKCERNEWS.COM, MAKASSAR - Simpatisan membentangkan poster bergambar pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat Jalan Sehat Satu Putaran di Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/11/2023). 
 
Kegiatan ini dihadiri oleh simpatisan dan kader partai dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai bentuk dukungan terhadap pasangan calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.
(***).
 
 
 
 
Sumber : Antara 
TOKCERNEWS.COM, JAKARTA - Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) telah memberikan penghargaan kepada Briptu Renita Rismayanti pada Kamis (16/11/23) dalam ajang Pekan Polisi PBB tahunan di Markas Besar PBB New York. Acara itu sendiri diselenggarakan sejak 13 hingga 17 November 2023.
 
Dalam misi perdamaian dunia tersebut, Briptu Renita Rismayanti menjabat sebagai Petugas Database Kejahatan dengan Misi Stabilisasi Terintegrasi Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA). Ia menjalankan tugas membantu mengkonseptualisasikan dan mengembangkan basis data kriminal yang memungkinkan Polisi PBB untuk memetakan dan menganalisis hotspot kejahatan dan kekacauan yang, pada gilirannya, membantu pasukan keamanan negara untuk merencanakan operasi mereka dengan lebih baik dalam mendukung penduduk setempat.
 
"Dia berfungsi sebagai contoh yang bagus tentang bagaimana partisipasi dan kepemimpinan perempuan dalam pemeliharaan perdamaian meningkatkan efektivitas pekerjaan perlindungan dan pembangunan perdamaian kita untuk lebih memenuhi tantangan hari ini dan besok,” ungkap Wakil Sekretaris Jenderal untuk Operasi Perdamaian Jean-Pierre Lacroix dalam keterangan tertulis, Jumat (17/11/23).
 
Penasihat Polisi PBB Faisal Shahkar menegaskan, masa depan kepolisian PBB kini semakin terbantukan atas kerja Briptu Renita. Ia membuktikan, tak hanya laki-laki, tapi polisi perempuan juga dapat menjebol gagasan baru berbasis teknologi.
 
"Dia dan rekan-rekannya membantu membangun kepercayaan dan kepercayaan antara otoritas lokal dan komunitas, yang membuat pekerjaan Polisi Perserikatan Bangsa-Bangsa lebih efektif dan orang-orang lebih aman,” ujarnya.
 
Meski menjadi Petugas Polisi Wanita PBB termuda tahun ini, ia membuktikan bahwa kemampuannya sungguh luar biasa. Ia memulai karirnya dengan Polri Indonesia sebagai petugas informasi publik pada 2014 dan bekerja di bidang pelatihan, administrasi, dan logistik.
 
Briptu Renita Rismayanti usai mendapatkan penghargaan mengatakan, ia merasa beruntung dapat menggunakan keterampilan teknologinya untuk meningkatkan keamanan bagi orang-orang di seluruh Republik Afrika Tengah. 
 
“Saya berharap visibilitas yang datang dari memenangkan penghargaan ini akan memperkuat di antara perempuan dan anak perempuan bahwa semua bidang keahlian dalam kepolisian terbuka untuk kita,” ungkap perempuan berusia 27 tahun itu.
 
Briptu Renita berharap, penghargaan ini bisa menjadikan motivasi bagi dirinya untuk terus mengembangkan diri lebih baik lagi demi memajukan Polri. Selain itu, ia berharap hal ini bisa menjadi motivasi bagi rekan-rekan Polri lainnya.
 
“Award ini tidak akan tercapai tanpa dukungan Kepala Kepolisian RI. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolri yang telah mendukung saya dalam misi PBB ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kadiv Hubinter Polri atas seluruh dukungan dan bimbingan kepada saya,” ungkapnya.
 
Diketahui, Kontingen Garuda Bhayangkara (Garbha) Satgas FPU 5 Minusca yang bertugas di Bangui, Afrika Tengah, diberangkatkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 19 September 2023. Kontingen diikuti 140 personel Polri dengan rincian 116 Polki dan 24 Polwan. Polri telah mengirimkan personel sebanyak 3184 Personel Polri ke MPP PBB.
 
Satgas FPU 5 MINUSCA sebelum diberangkatkan ke daerah misi wajib melewati tahapan latihan Pra Penugasan selama 7 Bulan di Pusat Misi Internasional Polri (Serpong) dan juga telah dibekali dengan kemampuan berstandar PBB seperti penanganan huru hara, penanganan Search & Rescue, investigasi, intelijen, negosiasi, kontra teroris, perlindungan VIP, penembak jitu, komunikasi elektronik, mekanik hingga medical combat. Kapolri berharap pelaksanaan misi dapat berjalan optimal serta berkontribusi terhadap perdamaian di wilayah penugasan.
 
“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian Luar Negeri, Divhubinter Polri, dan seluruh pihak yang turut berkontribusi dalam mendukung kesiapan kontingen ini,” ujar Jenderal Sigit di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (19/9/2023).
 
Ditambahkan Kadiv Humas, United Nations Woman Police Officer of the Year Award pertama kali dianugerahkan kepada polisi wanita pada Peace keeping Mission Tahun 2011. Pada tahun ini, salah satu srikandi Indonesia dianugerahi penghargaan level internasional tersebut. 
 
Polwan kelahiran Magelang itu, ujar Kadiv Humas, telah mendedikasikan diri untuk perdamaian dunia melalui penugasan Individual Police Officer di Republik Afrika Tengah atau yang disebut MINUSCA. Selama bertugas di sana, wanita yang akrab dipanggil Nita ini, menduduki jabatan sebagai Crime Database Officer. 
 
“Berbekal dengan pengalaman berdinas di Divisi Hubungan Internasional Polri (Divhubinter Polri), Nita menunjukkan performa terbaik hingga diakui oleh United Nations Headquarter (UNHQ) dan dianugerahi penghargaan tersebut,” jelas Kadiv Humas. (Rls).
Para pemain Timnas Senegal melakukan selebrasi seusai mengalahkan Polandia pada pertandingan fase Grup D Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/11/2023). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/tom.
 
TOKCERNEWS.COM, JAKARTA - Babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 2023 Indonesia masih menyisakan satu pertandingan, tetapi enam tim sudah memastikan diri melaju ke Babak 16 Besar setelah seluruh pertandingan kedua Babak Penyisihan Grup tuntas pada Rabu (15/11).
 
Keenam tim tersebut adalah Spanyol, Inggris, Senegal, Prancis, Amerika Serikat dan Jerman.
 
Keenam tim tersebut berhasil mengumpulkan dua kemenangan dari dua laga yang telah mereka lakoni di Piala Dunia U-17 di Indonesia.
 
Mereka mengumpulkan total enam poin dan menyisakan satu pertandingan terakhir di babak penyisihan grup. Jumlah poin tersebut sudah lebih dari cukup untuk minimal menduduki peringkat kedua di masing-masing grup.
 
Dalam regulasi Piala Dunia U-17 2023, dua tim terbaik dari total enam grup yakni peringkat pertama dan kedua setelah menjalankan babak penyisihan berhak lolos ke babak 16 besar. Sisanya ada empat kursi yang akan diperebutkan tim peringkat tiga terbaik dari masing-masing grup. Mereka akan melengkapi jumlah total 16 tim yang berlaga dengan knock out system.
 
Spanyol berhasil menjadi pemuncak klasemen di Grup B Piala Dunia U-17, tim yang dilatih Jose Maria Lana mengumpulkan enam poin dan belum pernah mengalami kebobolan.
 
Jumlah poin Spanyol diikuti Mali dan Uzbekistan yang mengumpulkan tiga poin, kedua tim tersebut berebut posisi runner up untuk lolos ke babak 16 besar.
 
Kemudian Timnas Inggris juga menjadi pemuncak klasemen Grup C yang meraih dua kemenangan dalam dua pertandingan mereka. Inggris akan berhadapan dengan Brasil di pertandingan terakhir.
 
Brasil mengincar kemenangan agar lolos ke babak 16 besar karena memiliki poin yang sama dengan Uzbekistan dengan tiga poin. Uzbekistan akan berhadapan dengan juru kunci Keledonia Baru yang kebobolan 19 kali dari dua laga di Piala Dunia U-17.
 
Di Grup D ada Senegal yang telah memastikan lolos karena memiliki enam poin dari dua laga. Mereka diikuti Jepang dan Argentina yang sama-sama mengantongi tiga poin dari dua pertandingan.
 
Senegal akan menghadapi Jepang di pertandingan terakhir dan Argentina menghadapi Polandia yang berada di dasar klasemen Grup D. Kedua tim ini berebut untuk memastikan diri lolos dengan menjadi peringkat kedua di grup tersebut.
 
Selanjutnya ada Amerika Serikat dan Prancis di Grup E yang memastikan diri menjadi tim yang lolos ke babak selanjutnya. Kedua tim ini mengumpulkan poin sempurna dari dua pertandingan yakni enam poin. Keduanya tidak dapat dikejar tim lain yang belum pernah meraih kemenangan yakni Burkina Faso dan Korea Selatan.
 
Setelah itu ada Timnas Jerman di Grup F di peringkat satu setelah mengumpulkan enam poin dari dua laga. Mereka mengalahkan Meksiko 3-1 di laga perdana dan Selandia Baru juga dengan skor 3-1. Di laga terakhir mereka menghadapi Venezuela yang posisi merek belum aman karena memiliki empat poin dari dua laga.
 
Posisi Venezuela bisa terancam di peringkat kedua dari Meksiko yang akan berhadapan dengan Selandia Baru di pertandingan terakhir Grup F. Meksiko memiliki satu poin masih memiliki kesempatan untuk menggeser Venezuela di peringkat kedua jika menang besar dan Venezuela kalah dari Jerman. (***).
 
 
 
 
Sumbet : Antara .
 
 
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (tengah) bersama anggota KPU dan Capres-Cawapres peserta Pemilu 2024 berfoto bersama saat Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu Tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aa.
 
TOKCERNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3 sebagai peserta Pemilu 2024.
 
Penetapan itu berdasarkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon presiden-wakil presiden yang dilakukan di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (15/11/2023) malam.
 
"Dengan demikian, nomor urut pasangan calon presiden-wakil presiden untuk Pemilu 2024 adalah sebagai berikut, nomor urut satu untuk pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut dua untuk pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, nomor urut tiga untuk pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud Md," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.
 
KPU menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut capres-cawapres pada Pemilu 2024.
 
Bagi Prabowo, hasil pengundian nomor urut kali ini sama dengan Pemilu 2019 yang saat itu berpasangan dengan Sandiaga Uno.
 
Nomor urut tersebut akan dipakai masing-masing pasangan capres-cawapres selama kampanye hingga hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024.
 
Acara pengundian nomor urut dipimpin Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang didampingi anggota KPU lain.
 
Dalam acara ini, ketiga pasangan capres-cawapres didampingi para ketua umum dan elite parpol pengusung dan pendukung.
 
Sebelumnya, pada Senin (13/11), KPU menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pemilu 2024, yakni Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.
 
Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).
 
Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024. (**).
 
 
Sumber : Antara.
 
 

Pesepak bola Timnas Indonesia Arkhan Kaka Putra Purwanto meluapkan kegembiraannya usai mencetak gol ke gawang Timnas Panama pada pertandingan penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/11/2023). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 1-1. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nym. (Sumber : Antara). 

Page 1 of 14

Media Siber Tokcernews.com, adalah media siber yang hadir untuk menyajikan informasi fakta, terhangat, terkini, dan terpopuler demi melayani kebutuhan masyarakat pembaca dalam peran sertanya membangun bangsa.

Tautan Informasi

We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree