Mudahri S.

Mudahri S.

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
TokcerNews.com, BANTAENG - Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulsel memberikan apresiasi terhadap pengelolaan keuangan di Kabupaten Bantaeng. Daerah berjuluk Butta Toa ini menjadi daerah tercepat penyaluran dana desa di Sulsel dan berada urutan ketujuh pada 2020. 
 
Kepala Kanwil DJPb Sulsel, Syaiful mengatakan, prestasi yang diukir oleh Pemkab Bantaeng adalah capaian yang sangat luar biasa. Dia menyebut, Bantaeng menjadi satu-satunya daerah yang bisa menyalurkan anggaran dana desa secara cepat. 
 
"Ini adalah sebuah upaya yang sangat baik dilakukan Pemkab Bantaeng yaitu dengan mendekatkan anggaran yang berasal dari masyarakat untuk masyarakat pula," jelas dia. 
 
Pada kesempatan tersebut, Syaiful menyampaikan peran strategis Dana Transfer dan Dana Desa untuk meningkatkan ruang fiskal dalam rangka pembangunan daerah.
 
Dia juga memberikan apresiasi terhadap Pemkab Bantaeng atas upaya penanganan Covid-19 di Bantaeng. Menurutnya, upaya penanganan Covid-19 di Bantaeng telah menjaga sendi-sendi ekonomi kecil dan menengah di Bantaeng. 
 
"Di Bantaeng usaha kecil dan menengah tetap bertahan, karena penanganan Covid-19 yang baik. Berkat upaya ini, usaha kecil di Bantaeng tetap mendapat ruang gerak," jelas dia. 
 
Dia mengatakan, Ditjen DJPb Sulsel menilai, usaha kecil dan menengah adalah salah satu penopang perputaran ekonomi di Indonesia. Pada resesi 1998, UKM tetap kokoh dan produktif. Mada masa pandemi Covid-19 ini, UKM terkena dampak karena ruang gerak mereka menjadi terbatas. 
 
"Bantaeng menjadi salah satu daerah yang menjaga warganya dengan baik dari bahaya pandemi Covid-19. Oleh karena itu, UKM di Bantaeng tetap bertumbuh," jelas dia. 
 
Dia menambahkan, DJPb memiliki sejumlah program untuk pengembangan UKM di Sulsel. Dia berharap, DJPb juga bisa membantu Pemkab Bantaeng untuk memberikan intervensi pada bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW. 
 
"Kami juga apresiasi terhadap upaya Pemkab Bantaeng melakukan inovasi pada bantuan modal usaha berbasis dusun ini. Kita juga memiliki sejumlah program untuk peningkatan kapasistas UKM. Kita berharap bisa saling sinergi," jelas dia. 
 
Syaiful juga menyampaikan apresiasi atas capaian opini WTP atas LKPD Pemkab Bantaeng yang telah mempertahankan Opini WTP sebanyak 6 kali berturut-turut sejak LKPD tahun 2015 hingga tahun 2020.
 
Dalam kesempatan itu, Pemkab Bantaeng menjalin kerja sama dengan Ditjen DPJb Sulsel. Syaiful berharap kerja sama ini bisa membantu Bantaeng menjadi daerah tercepat di Indonesia dalam penyaluran dana desa. 
 
Kerjasama ini, lanjutnya, sebagai langkah awal dalam mewujudkan komitmen bersama dan peningkatan awareness terhadap peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah dalam kerangka pengelolaan Keuangan Negara secara good governance.
 
Bupati Bantaeng, DR Ilham Syah Azikin memberikan apresiasi terhadap Ditjen DJPb atas penghargaan yang telah diberikan itu. Dia mengaku, Pemkab Bantaeng akan berkomitmen untuk terus menjaga pengelolaan keuangan daerah dengan baik meski saat ini berada pada masa Pandemi Covid-19. 
 
"Kami akan terus berkomitmen untuk menjaga pengelolaan ini dengan baik. Tujuannya agar masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah melalui intervensi pengelolaan keuangan ini," jelas dia.(Rls).
TokcerNews. com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajaran Staf Logistik (Slog) Polri untuk bergerak cepat melakukan penanganan di wilayah bencana alam dan melakukan peningkatan pelayanan terhadap warga berkebutuhan khusus.
 
Hal itu disampaikan Sigit saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Logistik Polri di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (9/6/2021).
 
Menurut Sigit, Indonesia menjadi negara yang sering dilanda bencana. Sebab itu, diperlukan gerak cepat dari aparat kepolisian untuk mengerahkan bantuan dukungan logistik sarana dan prasaranya kepada masyarakat yang menjadi korban bencana alam.
 
"Kebutuhan di wilayah bencana, listrik, air dan komunikasi pasti terganggu, diatur bagaimana manajemennya terkait dengan arus distribusi logistik bisa cepat sesuai dengan karakteristik wilayah bencana," kata Sigit. 
 
Selain gerak cepat tangani bencana alam, mantan Kapolda Banten itu juga meminta kepada jajaran Logistik Polri untuk menyiapkan pelayanan terbaik kepada masyarakat berkebutuhan khusus di setiap kantor polisi. Menurutnya, hal itu sebagai upaya untuk memberikan pelayanan prima kepada seluruh warga.
 
"Harapan kami memberikan pelayanan yang baik, buat saudara kita yang kebutuhan khusus untuk di buatkan sarana dan prasarana agar pelayanan tidak ada perbedaan," ujar mantan Kabareskrim Polri ini.
 
Slog Polri, kata Sigit, mempunyai lima tahapan dalam menjalankan perannya. Yakni, pengembangan Roaad Map logistik, optimalisasi jejaring logistik, modernisasi mekanisme logistik, restrukturisasi organisasi dan optimalisasi sumber daya.
 
Oleh sebab itu, Sigit menyatakan bahwa, Logistik Polri merupakan salah satu unsur penting. Mengingat, personel kepolisian membutuhkan dukungan logistik dalam menjalankan seluruh tugasnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).
 
"Slog Polri sebagai pengemban unsur pengawas dan pembantu pimpinan dapat menyamakan visi dan misi dalam mempersiapkan langkah strategis guna menjawab tantangan dalam tugas," tutur Sigit.
 
Sebab itu, Ia menekankan soal perlunya koordinasi dengan operasional dilapangan soal kebutuhan yang diperlukan. Sehingga, Slog bisa merencanakan kebutuhan petugas dilapangan.
 
Tak hanya itu, Sigit juga meminta agar Slog Polri memikirkan soal dukungan penuh kepada personel kepolisian yang bertugas di wilayah konflik dan berkarakteristik khusus. 
 
"Anggota yang melaksanakan tugas dilapangan agar dilengkapi dan kualitas sesuai dengan kebutuhan, seperti anggota yang operasi dilapangan bisa melaksanakan tugas yang maksimal dengan medan yang berat dan ancaman jiwa anggota. Peralatan yang perlu pengamanan tinggi dijaga keamanannya seperti pengadaan senjata, peluru dan lainnya," papar Sigit.
 
Tak lupa, Sigit menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran Slog yang telah melakukan evaluasi sekaligus menyiapkan langkah-langkah strategis sesuai dengan konsep transformasi Polri Presisi.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulsel Kombes Pol E.Zulpan membenarkan Instruksi Kapolri tersebut. Kombes Pol E. Zulpan mengatakan, Selama ini Polda Sulsel mampu bergerak cepat dalam mengerahkan anggota untuk memberikan pertolongan dan bantuan kepada korban setiap terjadinya bencana. Harapannya, dengan kehadiran polisi dapat membantu dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.
 
Selain itu lanjut Kabid Humas Polda Sulsel menegaskan kembali komitmen Kapolri yang  akan memberikan ruang bagi kelompok disabilitas atau kelompok masyarakat berkebutuhan khusus, terutama untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri.(Rls).
TOKCERNEWS.COM, BANTAENG  - 
Rangkaian Lomba dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Ke- 75 tahun 2021, Polres Bantaeng melaksanakan seleksi lomba Bhabinkamtibmas Tingkat Polres.
 
Kegiatan seleksi dilakukan di Aula Endra Dharmalaksana 99 Mapolres Bantaeng, jalan sungai Bialo Bantaeng Sulawesi Selatan, Senin 31 Mei 2021.
 
Kapolres Bantaeng diwakili oleh Waka Polres Kompol Muh. Ali. SH didampingi oleh Kabag OPS Polres Bantaeng Kompol Jafar Tontong,SH, Membuka kegiatan tersebut yang dihadiri bhabinkamtibmas masing masing Polsek dalam wilayah hukum Polres Bantaeng.
 
Waka Polres Bantaeng, Kompol
Muh Ali SH pada mengarahkannya menyampaikan agar seluruh peserta Lomba sebagai perwakilan masing-masing Polsek mengikuti Lomba secara maksimal.
 
"Silahkan berkompetisi dengan baik, tunjukkan kemampuan sebagaimana pengalaman rekan 0l- rekan selaku petugas Bhabinkamtibmas yang setiap saat menghadapi berbagai permalasahan warga sekaligus mencarikan solusi yang tentunya bersama sama Tiga Pilar pada Desa dan Kelurahan masing masing", Pesan Wakapolres Bantaeng.
 
Sementara Kasat Binmas Polres Bantaeng, AKP Suardi Hasyim SH, Selaku Penanggung jawab kegiatan juga mengisyaratkan dalam mengikuti perlombaan untuk tetap dalam koridor dan ketentuan yang ada, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.
 
"Tentunya dapat menilai kemampuan dan keaktifan para peserta Lomba sehingga dalam penilaian berjalan sesuai ketentuan", Ujarnya
 
Menurut Kasat Binmas, Dari 6 Peserta Seleksi akan dinilai yang terbaik dan dipilih 1 orang sebagai perwakilan Polres Bantaeng mengikuti Lomba Bhabinkamtibmas Tingkat Polda Sulsel di Makassar.
 
Sementara Paur Humas Polres Bantaeng, AIPTU Syamsuddin Latif menjelaskan, Adapun peserta lomba yakni perwakilan masing - masing Polsek sebanyak 6 peserta yang dinilai langsung oleh Kasat Bimmas AKP Suardi SH.
 
Dimana materi yang dinilai antara lain kemampuan memberikan bimbingan dan penyuluhan, Problem Solving, Laporan DDS dan Inovasi Bhabinkamtibmas.
 
"Kegiatan ini sudah melalui tahapan seleksi tingkat Polsek", Kata AIPTU Syamsuddin Latif, Paur Humas polres Bantaeng.(Rls).
TOKCERNEWS.COM, Papua — Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan kunjungan kerja ke Papua. Beberapa agenda dilakukan keduanya di Bumi Cendrawasih itu diantaranya memberikan motivasi kepada prajurit dan melakukan pertemuan terhadap tokoh masyarakat Papua. 
 
Dalam arahannya kepada personel TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Nemangkawi, Kapolri memberikan pesan khusus bahwa selain tugas pengamanan yang dilakukan, personel juga harus menyampaikan bahwa kehadirannya untuk mengawal agenda pemerintah membangun Papua. 
 
“Tugas saudara semua mengawal untuk memberitahu akan pembangunan yang sudah dilakukan. Petakan dengan baik apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Papua,” kata Kapolri dalam keterangan tertulis, Rabu (26/5/2021). 
 
Begitu saat melakukan pertemuan tertutup dengan tokoh agama, adat dan masyarakat Papua, Kapolri menyampaikan bahwa pemerintah sangat konsen dan fokus membangun Papua. 
 
“Pemerintah sangat konsen membangun Papua seperti pembangunan infastruktur. Memang apa yang dilakukan oleh pemerintah belum sepenuhnya dirasakan oleh seluruh masyarakat Papua,” ujarnya. 
 
Terkait RUU Otonomi Khusus atau Otsus, Kapolri menegaskan agar betul-betul dikawal sehingga upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua tepat sasaran. 
 
Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghimbau kepada seluruh personel yang bertugas di Bumi Cendrawasih agar memiliki formula khusus bagaimana merebut hati rakyat Papua agar tetap teguh mencintai NKRI. Ia juga meminta semua unsur personel yang bertugas meningkatkan sinergitas sehingga kesejahteraan masyarakat Papua dirasakan lebih cepat. 
 
“TNI dan Polri bermanunggal dengan rakyat. Dengan Binmas Noken dan teritorial. Bangun sinergi dengan baik antar lintas satuan,” demikian Hadi menambahkan. (Rls).
Dubes Sukmo Harsono Inisiasi Kerja Sama Pendidikan Antara CRUA Panama dengan Universitas Sebelas Maret. Foto: dok.KBRI Pamana
 
TokcerNews.com, Panama City – Pada tanggal 19 Mei 2021, pukul 11.00 waktu Panama bertempat di KBRI Panama City, telah dilakukan seremoni penandatanganan Letter of Collaboration (LoC) antara Fakultas Arsitektur dan Desain Universidad de Panama Centro Regional Universitario de Azuero (CRUA) dengan Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS).
 
Penandatanganan disepakati dilakukan terpisah dan dilakukan terlebih dahulu oleh pihak CRUA. Duta Besar (Dubes) RI Panama City, Sukmo Harsono ikut menandatangani dokumen sebagai saksi atas perjanjian dimaksud.
 
Pihak CRUA yang hadir dalam penandatanganan antara lain Direktur CRUA, Leonardo Collado Trejos; Koordinator Fakultas Arsitektur dan Desain CRUA, Tomas Correa; Mantan Dekan Fakultas Hukum Universidad de Panama, Gilberto Boutin; serta, dosen dan mahasiswa dari Fakultas Hukum dan Arsitektur CRUA.
 
Adapun dari UNS hadir secara virtual antara lain Dekan Fakultas Teknik, Sholihin Asad, beserta dosen dari Prodi S1 dan S2 Arsitektur UNS.
 
Wakil ketua umum nonaktif Partai Bulan Bintang ini menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang terjalin dengan baik antara CRUA dan UNS.
 
“Penandatanganan perjanjian kerja sama ini sangat spesial karena ini perjanjian antar universitas yang pertama kalinya sejak saya bertugas sebagai Duta Besar RI untuk Panama di akhir tahun 2020”, ungkap Sukmo Harsono.
 
“Saya harap kerja sama ini dapat meningkat lebih luas lagi dengan berbagai kegiatan seperti saling kunjung dari pihak Panama ke Indonesia maupun sebaliknya, serta kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan people-to-people contact”, lanjutnya.
 
KBRI Panama City telah merintis kerja sama antar universitas antara CRUA dan UNS yang diawali oleh pertemuan penjajakan kerja sama secara virtual antara Prodi Arsitektur Fakultas Teknik UNS dengan Fakultas Arsitektur dan Desain CRUA sejak akhir Desember 2020.
 
Tindak lanjut dari pertemuan penjajakan tersebut kedua universitas sepakat untuk mengawali kerja sama dengan melakukan kegiatan kuliah tamu yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 April 2021 oleh dosen dari CRUA, dan 28 April 2021 oleh dosen dari UNS. Kuliah tamu berikutnya direncanakan pada tanggal 25 Mei dan 28 Mei 2021.
 
Selanjutnya, kedua belah pihak sepakat untuk memformalisasi kerja sama melalui kesepakatan yang dituangkan ke dalam Letter of Collaboration (LoC).
 
Draft awal LoC disampaikan oleh UNS dan kemudian disepakati oleh CRUA untuk durasi selama 5 (lima) tahun.
 
Hal-hal yang disepakati dalam LoC antara lain program kuliah tamu; pertukaran materi pendidikan, penelitian, dan publikasi; serta, kolaborasi untuk proyek penelitian.
 
Sejak KBRI Panama City dibuka tahun 2010, baru terdapat 1 (satu) perjanjian antar universitas di Indonesia dan Panama, yakni Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) dengan Universidad Santa Maria de Antigua (USMA) Panama yang ditandatangani tahun 2019.
 
 
Sumber: Abadikini.com.
 
 
Dubes RI untuk Panama City, Sukmo Harsono melakukan kunjungan ke perusahaan Logistik Panama, Farmazona S.A yang berada di Provinsi Colon pada, Rabu (19/5/2021). Foto: dok.KBRI Panama City.
 
TokcerNews.com, PANAMA CITY - Duta Besar (Dubes) RI Panama City, Sukmo Harsono melakukan kunjungan ke perusahaan Logistik Panama, Farmazona S.A yang berada di Provinsi Colon pada, Rabu (19/5/2021) waktu setempat. Dubes Sukmo diterima oleh Presiden Direktur Farmazona, Carmen Ferrari dan Manajer Kerjasama dan Pengembangan Bisnis, Zarita Castañedo.
 
Kunjungan wakil ketua umum nonaktif Partai Bulan Bintang (PBB) ini, merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan tanggal 28 April 2021 guna menjajaki upaya pemasaran produk Indonesia di kawasan Amerika Latin dan Karibia melalui kerjasama antara perusahaan Indonesia dengan Farmazona.
 
“Farmazona merupakan perusahaan logistik Panama yang telah memiliki pengalaman selama 50 tahun lebih. Perusahaan ini beroperasi tidak hanya di Panama namun juga di negaranegara Amerika Latin dan Karibia,” kata Sukmo dalam keteranganya kepada Abadikini.com, Kamis (20/5/2021).
 
Menurut Sukmo, selain perusahaan logistik, perusahaan ini juga dapat melakukan kegiatan ekspor impor sebagai representative company serta trader, memasarkan dan menyalurkan barang, termasuk melakukan pendaftaran produk dengan fokus produk farmasi.
 
“Farmazona juga tengah mengembangkan usaha ke arah produksi yaitu produk masker bekerjasama dengan perusahaan China dan kedepannya diharapkan dapat memproduksi alat pelindung seperti jas, topi, dan pelindung sepatu medis,” ujarnya.
 
Sukmo menjelaskan, dalam pertemuan itu dirinya berdiskusi banyak hal dengan Presiden Carmen mengenai hal-hal teknis khususnya langkah ke depan yang harus dilakukan guna merealisasikan upaya kerjasama dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia.
 
Sukmo menuturkan, dalam hal ini disepakati untuk segera menyusun daftar perusahaan Indonesia yang tertarik melakukan kerjasama dengan Farmazona dan informasi tentang detail produk yang akan dipasarkan.
 
“KBRI Panama City akan bertindak sebagai fasilitator untuk mempertemukan perusahaan-perusahaan Indonesia dengan Farmazona secara virtual guna membicarakan kemungkinan kerjasama lebih lanjut,” ungkap Sukmo.
 
Selain itu, Sukmo juga berkesempatan meninjau fasilitas gudang dan transportasi logistik yang dimiliki perusahaan tersebut. Farmazona memiliki lima gudang yang dibagi berdasarkan jenis produknya. Beberapa perusahaan farmasi besar yang bekerjasama dengan Farmazona diantaranya P&G, Sanofi, Boehringer Ingelheim, Novartis.
 
Selain ke Farmazona, Dubes Sukmo juga melakukan pertemuan dengan Presiden Kamar Dagang Colon, Gilberto Mena dan Direktur Eksekutif Kamar Dagang Colon, Josimar Ortiz.
 
Untuk itu, Sukmo menyampaikan harapan untuk dapat melakukan kerjasama lebih erat dengan Kamar Dagang Colon serta para pengusaha di Colon.
 
“Pengetahuan pengusaha di Colon tentang potensi Indonesia maupun pengetahuan pengusaha Indonesia tentang potensi kerjasama dengan Panama, khususnya Colon sebagai hub perdagangan di Amerika Latin dan Karibia masih terbatas”, ujar Sukmo.
 
“Untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya promosi misalnya melalui seminar yang menghadirkan kamar dagang atau asosiasi dan pengusaha kedua pihak guna menyampaikan informasi tentang berbagai potensi kerjasama yang ada”, lanjutnya.
 
Pada kesempatan tersebut, Dubes Sukmo juga mempromosikan berbagai produk ekspor unggulan Indonesia seperti minyak kelapa sawit, tekstil, masker dan peralatan medis lainnya, suku cadang kendaraan, furnitur dan kerajinan, serta produk-produk industri strategis seperti pesawat, kereta api, kapal, dan senjata.
 
Sementara itu Presiden Kamar Dagang Colon juga menyampaikan siap menjadi fasilitator untuk menghubungkan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dengan Federasi Kamar Dagang Amerika Tengah atau FECAMCO.
 
Dalam pertemuan tersebut, diperoleh informasi tentang berbagai program guna pemulihan ekonomi khususnya melalui pengembangan Colon sebagai kawasan pelabuhan bebas (Colon Puerto Libre).
 
Colon Puerta Libre dikembangkan salah satunya guna mendorong konsumsi, pertumbuhan usaha kecil dan menengah di bidang distribusi dan perdagangan, dengan memberikan fasilitas bebas pajak bagi masyarakat yang berbelanja di Colon.
 
“Berbagai produk yang mendapatkan fasilitas misalnya kosmetik, elektronik, mebel, makanan dan minuman, pakaian dan lain sebagainya,” katanya.
 
Colon saat ini juga tengah membangun fasilitas pusat perdagangan/ mall duty free yang berlokasi di dekat Pelabuhan Manzanillo.
 
“Keberadaan mall duty free ini diharapkan mampu menarik lebih banyak pengunjung dari kawasan serta menjadi tempat belanja baru bagi wisatawan dari kapal pesiar yang singgah di Colon,” harapnya. (***)
 
Artikel ini telah tayang di Abadikini.com dengan judul Luar Biasa, Dubes Sukmo Harsono Jajaki Kerjasama dengan Perusahaan Logistik Farmazona Panama
 
 
 
Page 1 of 29

Media Siber Tokcernews.com, adalah media siber yang hadir untuk menyajikan informasi fakta, terhangat, terkini, dan terpopuler demi melayani kebutuhan masyarakat pembaca dalam peran sertanya membangun bangsa.

Tautan Informasi

We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree