Ian

Ian

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
TokcerNews.com, MAKASSAR -Mengenakan kemeja koko putih dipadukan kopiah hitam, Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, turut mengantarkan jenazah AGH KH Sanusi Baco LC ke peristirahatan terakhirnya, Minggu (16/5/2021). Andi Sudirman turut mengikuti Salat Jenazah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel itu di Masjid Raya Makassar.
 
Dirinya sangat merasa kehilangan sosok ulama kharismatik ini. Bahkan tak bisa menahan kesedihannya kehilangan AGH Sanusi Baco, dan meneteskan air matanya saat sambutan sebelum Salat. Mengingat kedekatan Sanusi Baco dan Andi Sudirman telah berlangsung lama.
 
Jemaah pun memadati Masjid Raya mensalatkan AGH Sanusi Baco. Mengingat pria yang akrab disapa Pak Kiai ini memiliki banyak santri dan dikagumi masyarakat. Atas sosoknya yang kharismatik dan selalu membawa ketenangan dalam setiap ceramahnya. Turut hadir oleh Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, serta para alim ulama dan Kiai.
 
"Innalillahi Wa Innailaihi Roji'un, Innalillahi Wa Innailaihi Roji'un, Innalillahi Wa Innailaihi Roji'un. Kita tentu sangat kehilangan tokoh yang menjadi rujukan, bahkan menjadi rujukan bagi kami di Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan," kata Andi Sudirman, dalam sambutannya.
 
Secara pribadi, kata dia, tentu sangat kehilangan sosok ulama ini. "Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, kami masih mengingat bagaimana beliau terus memberikan nasehat bagi kami," ujarnya.
 
Salah satunya, yang terakhir, saat AGH Sanusi Baco memberi nasehat yang menyejukkan menanggapi kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, beberapa bulan lalu. 
 
"Beliau selalu berceramah dengan sangat sejuk, santun, dan terang benderang dalam menyampaikan nasehatnya. Posisi Islam berlepas diri dari mereka yang melakukan aksi teror itu. Dan bagaimana beliau menjelaskan dengan sangat mudah dipahami bagi kita semuanya. Beliau selalu memberi kesejukan di setiap dakwahnya-dakwahnya," jelasnya.
 
Tak jarang, dirinya selalu menemui AGH Sanusi Baco, jika ingin meminta nasehat terkait persoalan di pemerintahan. Andi Sudirman pun bercerita momen terakhir bersama AGH Sanusi Baco sehari sebelum kepulangannya.
 
"Terakhir saya mendengar (Jum'at 14/5/2021) sebelum maghrib, beliau sakit. Dan setelah salat maghrib saya berkunjung ke tempat beliau dan sempat bercerita. Beliau masih merespon dengan sangat jelas. Beliau menyampaikan bahwa saya sakit perut dan inilah Allah memberikan tanda-tanda bagi kita, Insya Allah kepergian beliau dengan tanda-tanda yang baik, sakit di perut, Insya Allah salah satu tanda syahid disisi-Nya," tuturnya.
 
Ada banyak nasehat dan petuah dari AGH Sanusi Baco. "Paling saya ingat beliau sampaikan bahwa ketika berjalan, maka selalulah meminta inayah-Nya, pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Karena usaha tidak akan mampu menembus, kecuali inayah pertolongan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala," pungkasnya.
 
Untuk diketahui, AGH KH Sanusi Baco LC meninggal dunia, Sabtu malam (15/5/2021). Sebelumnya, Andi Sudirman telah melayat di rumah duka AGH Sanusi Baco di Jalan Kelapa Tiga, Makassar, Sabtu malam. (Rls).
TokcerNews.com, Makassar - Serdik Suprianto,Sik, Sespimmen Angkatan 61 tahun 2021, melaksanakan kegiatan peduli Kemanusiaan dengan  melakukan donor darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) kota Makassar Kamis (8/4/2021).
 
Suprianto, yg sebelumnya juga menjabat sebagai Kasubdit Jatanras Polda Sulsel mengatakan, kegiatan donor darah ini dilakukan dengan maksud membantu ketersediaan kebutuhan darah pada PMI kota Makassar mengingat saat ini kita sedang dalam masa pandemi COVID-19.
 
"Donor darah ini kami lakukan sebagai wujud partisipasi kami sebagai Serdik Sespimen Angkatan 61-2021 untuk mendukung PMI dalam memenuhi kebutuhan darah di kota Makassar", Kata Suprianto.
 
PMI sendiri tentunya masih membutuhkan darah dan Kebutuhan darah ini, tentunya sangat membutuhkan partisipasi dari masyarakat untuk menyumbangkan darahnya demi kemanusiaan.
 
Kami terdorong akan peduli Kemanusiaan sehingga kami melakukan donor darah. Semoga dengan kegiatan yang kami lakukan saat ini, bisa mengetuk hati masyaraat lainnya sehingga bisa membantu PMI dalam memberikan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat yang membutuhkan, pungkasnya. (Rls).
TokcerNews.com, MAKASSAR - 
Pemerintah Provinsi Sulsel menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 di Hotel Claro, Makassar, Kamis (8/4).
 
Musrenbang itu mengusung tema "Inovasi Pemanfaatan Potensi dan Sumber Daya Alam Untuk Kebangkitan Ekonomi".
 
Sesampainya di lokasi kegiatan, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin langsung bertegur sapa denga Bupati Maros, Chaidir Syam yang merupakan sahabatnya sejak mengabdi di Kabupaten Maros.
 
Selanjutnya, Ketua KNPI Sulsel periode 2007 - 2010 itu selanjutnya terlihat menyapa Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf dan Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa.
 
Turun hadir pula Bupati dan Walikota lainnya. Dalam kesempatan itu Kabupaten Bantaeng berhasil meraih penghargaan pembangunan daerah 2021.
 
Bantaeng menjadi Terbaik I disusul Kabupaten Sinjai dan Sidrap. Indikatornya, Pencapaian Pembangunan Daerah dengan aspek penilaian Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan PDRB Perkapita, Tingkat Pengangguran Terbuka dan Jumlah Pengangguran, Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, Ketimpangan, Pelayanan Publik dan Pengelolaan Keuangan, dan terakhir Transparansi dan Akuntabilitas.
 
Penghargaan diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kepada Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin dan para kepala daerah lainnya.
 
Andi Sudirman Sulaiman berharap agar dalam perencanaan program memiliki data - data yang valid. Kemudian mempertimbangkan berbagai sudut pandang.
 
"Contohnya infrastruktur jalan, saya memadukan antara data jalan provinsi, laporan netizen dan terakhir para sopir yang telah berpengalaman melewati jalan itu. Dan semuanya mengalami kecocokan. Pembangunan yang besar itu tidak akan menjadi strategis jika tidak membawa manfaat bagi masyarakat," jelas dia.
 
Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin memberikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan Pemprov Sulsel itu. Dia berharap, Bantaeng tetap menjadi daerah terbaik di level nasional nanti. 
 
Dia juga tak lupa berterimakasih kepada semua pihak yang ikut memberikan dukungan sehingga Bantaeng meraih penghargaan ini. Menurutnya, penghargaan ini tidak lepas dari peran semua pihak. 
 
”Penghargaan ini juga menjadi pemicu semangat kita bersama para OPD dan masyarakat Bantaeng untuk terus berkarya di daerah," jelas dia. (Rls).
TokcerNews.com, Makassar - Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E.Zulpan meminta masyarakat tidak panik dan tetap tenang pasca terjadinya ledakan yang di duga bom bunuh diri di depan gereja katedral Jl. Kajailolido Makassar yang terjadi hari ini, Minggu, (28/03/2021)
 
Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan membenarkan telah terjadi ledakan yang diduga Bom Bunuh diri, pagi tadi  didepan Pintu Gerbang gereja katedral Jl. Kajailolido Makassar, sekitar pukul 10.30 Wita
 
"Tentunya kita sangat sayangkan terjadinya Bom Bunuh diri di hari Minggu ini, kebetulan juga terjadi didepan Gereja Katedral, kami himbau masyarakat untuk tidak panik, Polisi sudah mengamankan lokasi dan terus melakukan penyelidikan," jelas Kabid Humas, Minggu (28/03/2021).
 
Ditambahkannya, saat ini Densus 88 Mabes Polri dan Tim Lafbor Polda Sulsel masih melakukan melaksanakan olah TKP dan pengumpulan bukti-bukti awal terkait ledakan tersebut.
 
“Ya tentunya kami akan terus mengupdate perkembangan kejadian ini,”kata Kabid Humas
 
Data awal akibat ledakan yang terjadi sekira pukul 10.30 Wita ini,  mengakibatkan pelaku  bom bunih diri meninggal dunia, dan 9 orang lainnya mengalami luka-luka yaitu 5 sekuriti Gereja dan 4 orang Jemaat Gereja.(Rls).
TokcerNews.com, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan melantik sebanyak 11 kepala daerah bupati/wali kota hasil Pilkada Serentak 2020 di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jumat pagi, 26 Februari 2021.
 
Pelantikan dilakukan secara hybrid (on site dan virtual), mereka menjabat periode untuk periode 2021-2024 (SK 2021-2026 dengan klausal).
 
Pembacaan surat kepetusan Menteri Dalam Negeri dibacakan oleh Plt Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Sulsel. Mereka yang dilantik berdasarkan SK Mendagri Nomor 131.73-356 Tahun 2021 masing-masing Adnan Purichta Ichsan - Abdul Rauf Mallagani (Gowa), Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Makassar), Chaidir Syam-Suhartina Bohari (Maros), Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana (Pangkep), Suardi Saleh-Aska Mappe (Barru).
 
Kemudian, Andi Kaswadi Razak-Lutfi Halide (Soppeng), Basli Ali-Syaiful Arif (Kepulauan Selayar), Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf (Bulukumba), Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg (Tana Toraja), Andi Indah Putri Indriani-Suaib Mansyur (Luwu Utara), dan Budiman Hakim (Luwu Timur). 
 
"Pada hari ini Jumat, 26 Februari 2021. Saya Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini resmi melantik," sebut Nurdin Abdullah memulai pelantikan.
 
Nurdin Abdullah yang melantik atas nama Presiden RI Jokowi menyatakan harapan agar para pimpinan daerah dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.
 
"Saya percaya bahwa saudara-saudari dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," sebutnya.
 
Dalam pelantikan ini terdapat perubahan gerakan acara dari gladi resik. Menjadi dengan susunan penandatanganan berita acara dan sumpah serta fakta integritas kemudian dilanjutkan dengan pemasangan tanda pangkat dan jabatan. 
 
Prosesnya, satu persatu kepala daerah kemudian wakilnya maju ke depan dari di posisi masing-masing yang telah ditentukan masing-masing. Pelantikan dimulai dari kepala daerah Makassar, Barru, Soppeng, Luwu Utara, Gowa, Kepulauan Selayar, Bulukumba, Pangkajene Kepulauan, Maros, Tana Toraja kemudian Luwu Timur.
 
Dari 12 daerah berpilkada, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara akan dilaksanakan secara terpisah pada 31 Maret mendatang. Hal ini disesuaikan dengan masa akhir jabatan bupati.
 
Usai pelantikan, para kepala daerah secara bersama-sama bertepuk tangan kemudian duduk di tempat masing-masing.
 
Acara selanjutnya di tempat yang sama dilanjutkan dengan pelantikan Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten-Kota oleh Ketua TP-PKK Sulsel, Lies F Nurdin.
 
Acara ini juga dipantau langsung oleh pihak Kemendagri memastikan acara dilakukan mengikuti protokol kesehatan ketat di tengah pandemi Covid-19. Sehingga hanya dihadiri oleh kepala daerah dan wakilnya serta ketua TP-PKK kabupaten/kota.
 
Diketahui sebelumnya, sedianya pelantikan hanya dilakukan melalui virtual, namun, diskresi diminta Gubernur Sulsel untuk melakukan pelantikan hybrid disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri yang kemudian diikuti oleh daerah lain di Indonesia.

Harga Khusus Pertalite Setara Premium

TokcerNews.com, Makassar - Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah mendukung penggunaan bahan bakar minyak yang lebih ramah lingkungan. Termasuk pada program Langit Biru Pertamina.
 
Program ini, untuk mengajak masyarakat merasakan langsung penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kualitas yang lebih baik dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan dengan udara yang bersih dan sehat.
Page 1 of 15

Media Siber Tokcernews.com, adalah media siber yang hadir untuk menyajikan informasi fakta, terhangat, terkini, dan terpopuler demi melayani kebutuhan masyarakat pembaca dalam peran sertanya membangun bangsa.

Tautan Informasi

We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree